Berita RTH Tahun 2008

Mei 2008

Kota Depok tak Punya Taman Kota

Pemkot akan memprioritaskan peningkatan alokasi anggaran infrastruktur.

Republika,  12 Mei 2008

Sumber: http://www.infoanda.com/

DEPOK — Kota Depok kini telah memasuki usia sembilan tahun. Namun hingga kini kota tersebut belum memiliki alun-alun seperti halnya ciri sebuah kota sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Pemerintah Kota Depok sampai saat ini memang belum mempunyai rencana untuk membangun ruang publik yang besar, seperti misalnya alun-alun atau taman kota. ”Pemerintah kota Depok kini sedang memprioritaskan hal lainnya,” kata Kepala Bagian Humas, Dadang Wihana, Ahad (11/5).

Kemampuan anggaran Pemkot Depok yang terbatas berakibat pembangunan taman kota tidak menjadi prioritas utama. ”Yang menjadi prioritas utama adalah permasalahan infrastruktur,” kata Dadang. Dari jumlah Rp 1,3 triliun yang dibutuhkan untuk memperbaiki infrastruktur di Depok, pemkot baru dapat memenuhi 10 persen dari dana yang dibutuhkan atau sekitar Rp 130 miliar. Karenanya di tahun 2009 nanti, pemkot akan memprioritaskan peningkatan alokasi anggaran infrastruktur.

Kendala lainnya dalam membuat taman kota adalah pembebasan lahan. Menurut Dadang, untuk membuat taman kota yang letaknya strategis di pusat kota setidaknya membutuhkan biaya yang cukup besar. Misalnya saja untuk membuat taman kota di sekitar Jalan Margonda yang telah menjadi pusat kota Depok. Harga tanah di kawasan itu sudah mencapai empat sampai lima juta rupiah per meter persegi.

Meski demikian, Dadang menampik apabila Depok dituding tidak memiliki ruang terbuka hijau (RTH) yang cukup. Menurut dia, dari luas kota Depok sebesar 220,29 kilometer persegi, 51 persen di antaranya berupa RTH. Sementara 49 persen di antaranya adalah lahan yang telah terbangun seperti pemukiman, perkantoran atau sarana publik lainnya. ”Karena itu kami berusaha untuk menjaga RTH di Depok bagian selatan,” ujar Dadang.

Untuk wilayah bagian selatan kota Depok seperti Pengasinan, Sawangan dan Rangkapan Jaya, misalnya, tingkat kepadatan penduduk di sana dibatasi. ”Untuk menjaga RTH di Depok bagian selatan, wilayah sana nantinya tidak akan ditemukan lagi tipe rumah 21, tapi paling kecil tipe 30,” papar Dadang. Dengan jumlah penduduk sekitar 1,3 juta di tahun 2003, terdapat sekitar enam ribu jiwa per kilometer persegi yang tinggal di kota Depok.

Menurut Dadang, salah satu cara untuk menambah taman di Kota Depok dengan memanfaatkan pembuatan taman di pinggir jalan serta di lahan fasilitas sosial dan umum yang ada. ”Karena itu pemanfaatan taman-taman yang ada di sekitar perumahan penduduk dan fasilitas umum dan sosial juga harus dimaksimalkan,” imbuh Dadang.

Kota Depok saat ini tak memiliki taman kota namun terdapat Taman Hutan Raya yang berada di Jalan Pitara, Kecamatan Pancoran Mas seluas lima hektare. ”Tetapi saat ini baru pemagaran saja, belum menjadi tujuan wisata,” papar Dadang. Sejumlah fasilitas tertentu akan ditambahkan dalam penataan taman hutan raya tersebut, seperti misalnya jogging track (jalur lari).

Komisi C DPRD Kota Depok mengakui hingga saat ini belum memiliki anggaran untuk penataan dan pembangunan fasilitas di taman hutan tersebut. ”Saya juga belum tahu kapan akan ada anggaran untuk itu,” kata anggota komisi C DPRD Kota Depok, Muttaqin. Taman hutan pun belum sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh warga Depok. ”Taman hutan merupakan program dari pemerintah pusat, Pemkot Depok hanya melakukan pemagaran,” kata Muttaqin.

Menanggapi pembangunan taman kota, Muttaqin mengakui untuk membuat taman kota di Depok saat ini masih terkendala oleh keterbatasan lahan dan pembebasannya. ”Kalau untuk taman kota Depok saat ini masih belum bisa karena pembebasan lahan membutuhkan dana yang cukup besar,” ungkap Muttaqin. c67

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: